Suksesnya Acara LKMM-TD FTI Unand 2020

Dok. Panitia LKMM-TD FTI Unand 2020

Biner – Minggu (29/11), telah dilaksanakan hari ketiga sekaligus penutupan acara dari kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas. Acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut resmi ditutup oleh Halim Wardana selaku Wakil Gubernur BEM KM FTI Unand.

Acara LKMM-TD yang dilaksanakan pada tanggal 21, 22, dan 29 November 2020 berjalan dengan lancar. Pada hari pertama dan kedua, acara dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB, sedangkan pada hari ketiga acara dimulai dari pukul 13.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB melalui platform Zoom Meeting.

Radhian Wahyu Elhaq selaku ketua pelaksana LKMM-TD FTI Unand 2020, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membekali rekan-rekan mahasiswa dengan keterampilan manajemen yang memadai. “Jujur, ekspektasi panitia sedari awal terkhusus saya, tidak terlalu tinggi. Menimbang bahwa acara kali ini bersifat daring dan saya mengkhawatirkan tentang kemeriahan acara. Namun, ternyata rekan-rekan panitia dapat bekerja dengan baik, sehingga acara bisa dikatakan cukup meriah.” Ucap Radhian saat diwawancarai melalui WhatsApp, Rabu(2/12). Radhian menambahkan bahwa acara dapat menjadi lebih meriah dengan menciptakan simulasi aksi daring, namun terjadi beberapa kendala sehingga aksi simulasi tidak jadi dilakukan.

Muhammad Abdi, selaku Sub-Divisi Mentor memberi tanggapan bahwa kegiatan yang berlangsung di masa pandemi tentunya memberi perubahan yang signifikan serta berdampak besar pada acara karena dilaksanakan secara online. “Acara LKMM-TD kami merupakan acara LKMM-TD online pertama dan saya sebagai panitia menganggap acara tersebut sudah sukses dan tujuannya pun tercapai.” Ungkap Abdi saat diwawancarai melalui WhatsApp, Minggu (29/11). Abdi menambahkan bahwa kendala yang banyak dihadapi pada acara tahun ini adalah masalah jaringan dan perangkat dari peserta maupun panitia sendiri. Abdi meduga akan sering terjadi miss communication antar panitia yang akan menyebabkan kendala. Namun diluar ekspektasinya, acara berlangsung dengan baik serta kendala yang ada diselesaikan dengan cepat dan tepat.  

Salah satu peserta yang aktif selama acara, Lathif Nur Irsyad berpendapat bahwa acara LKMM-TD FTI Unand tahun ini sudah bagus dan semuanya berjalan lancar.  “Bagi saya, acaranya berguna karena saya sendiri nantinya ingin aktif dalam organisasi terus sekalian bisa mengasah kemampuan bicara” Ujar Lathif ketika diwawancarai melalui WhatsApp, Minggu (29/11).

Menurut Lathif, materi yang paling berkesan baginya adalah materi yang membahas KKN dan manajemen konflik. Bagi Lathif yang mempunyai ketertarikan terhadap topik ini, ia sangat menikmati dan memahami materi. Namun, Lathif menyayangkan tidak adanya demonstrasi cara aksi, berhubung LKMM-TD FTI Unand tahun ini diadakan secara online. Lathif berharap semoga materi yang sudah disampaikan dapat memberikan dampak positif bagi peserta maupun panitia dalam hal leadership sehingga Indonesia tidak dipandang sebelah mata lagi.

 

Penulis : Tim Jurnalis Muda Biner

Editor : Divisi Redaksi