Sidang Umum – Generasi Baru Ketua DPM dan Gubernur FTI UNAND Periode 2019/2020

Pelantikan Ketua DPM FTI dan Gubernur FTI Periode 2019/2020. Foto oleh Fhizra dan Kelfin

Calon yang memenangkan Pemilu yakni M.Nur Faiz Putro sebagai Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Negara Bagian  Keluarga Mahasiswa  Fakultas Teknologi Informasi  Universitas Andalas (DPM NB KM FTI Unand) dan M. Iqbal Nafis sebagai Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM ) NB KM FTI, akhirnya dilantik untuk masa periode 2019/2020. Pelantikan dilakukan pada Sabtu, (2/11) di Gedung Kuliah A1.8 Unand.

(Peserta Sidang Umum FTI 2019 di Gedung A 1.8 . Foto oleh Afni)

Sidang Umum (SU) merupakan sidang yang dilakukan oleh DPM NB KM FTI Unand, BEM NB KM FTI Unand, dan  Warga Negara FTI Unand. Sidang Umum dilakukan untuk melaporkan pertanggungjawaban program kerja (proker) BEM NB KM FTI Unand selama satu periode. Sidang Umum ini hanya bisa dihadiri oleh Warga Negara FTI yang sudah diakui oleh Undang – Undang berlaku. Pelaksanaan Sidang Umum ini memiliki beberapa kesamaan dengan Musyawarah Besar (Mubes), adanya pimpinan sidang Presidium. Acara ini dipimpin oleh presidium yaitu Khairul Fikri sebagai Presidium I, Anisha Fadia Haya sebagai Presidium II dan Rahmania Jasmin sebagai Presidium III yang berasal dari DPM. Berdasarkan tata tertib sidang (BAB II Pasal 5), DPM berperan sebagai peserta penuh, BEM sebagai peserta pengamat, dan Warga Negara FTI selain BEM dan DPM sebagai peserta peninjau.

(Presidium Sidang Umum FTI 2019. Foto oleh Afni)
(DPM FTI periode sebelumnya sebagai Peserta Penuh. Foto oleh Afni)
(BEM FTI periode sebelumnya sebagai Peserta Pengamat. Foto oleh Afni)

Sidang umum dilakukan dari Sidang Pleno I sampai dengan Sidang Pleno IV. Pada sidang pleno I membahasan rundown dan tartib.

Sidang pleno II membahas Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) setiap Departemen dan Biro  BEM NB KM FTI Unand dimoderatori oleh Gubernur Periode 2018/2019, Kelfin Ambar Susilo. Kelfin memanggil setiap Departemen dan Biro untuk maju kedepan dengan beserta Ketua Departement menyebutkan setiap proker. Selanjutnya, penyampaian LPJ DPM NB KM FTI Unand. Setelah penyampaian LPJ dari lembaga berakhir dilanjutkan dengan penilaian kinerja dari BEM NB KM FTI UNAND yang dilakukan oleh DPM NB KM yaitu dengan nilai sekitar 6 dan dilakukan revisi.

Sidang Pleno III membahas penyampaian LPJ Badan Pemilihan Umum (BPU) oleh ketua BPU, Fikri Afrian dan dilanjutkan dengan penyampaian LPJ DPM NB KM FTI Unand yang dilakukan dengan cara setiap komisi maju kedepan dan menyampaikan prokernya. Pelantikan Ketua DPM terpilih dipimpin langsung oleh Khairul Fikri (Ketua DPM FTI 2018/2019) dengan membacakan sumpah dan diikuti oleh Faiz (Ketua DPM baru) serta anggotanya.  Keadaan dalam pembacaan sumpah berjalan dengan lancar dan anggota yang melanjutkan kepengurusan DPM selanjutnya terdapat 4 orang yaitu M.Nur Faiz Putro, Ilham Akbar, Rahmania Jasmine, dan  Rahmi Izzati. Selanjutnya, Pelantikan gubernur cara yang digunakan sedikit berbeda dengan DPM yaitu, dengan cara gubernur maju kedepan dan gubernur sebelumnya yaitu Kelfin membacakan sumpah dan diikuti oleh gubernur yang dilantik yaitu M. Iqbal dengan hanya dirinya sendiri maju kedepan.  Pelantikan Gubernur BEM FTI berjalan lancar.

(Faiz selaku Ketua DPM FTI Periode 2019/2020 beserta anggota berdiri di depan hadirin sidang. Foto oleh Halim)

Sidang Pleno IV membahas rekomendasi dan amanat untuk lembaga eksekutif dan legislatif. Setelah berakhirnya Sidang Pleno IV dan berakhirnya Sidang Umum, maka resmilah Ketua DPM NB KM FTI Unand yaitu M.Nur Faiz Putro dan Gubernur BEM NB KM FTI Unand yaitu M.Iqbal Nafis.

Penulis  : Annisa Wistia Rizalmi
Editor    : Razzaq Ardana