Pilih-Pilih Postingan

Sumber : google images

Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi di dunia terkhususnya Indonesia, media sosial sudah menjadi makanan sehari-hari bagi setiap orang. Pada media sosial siapa pun dapat berbagi cerita, menambah teman, dan informasi tentang banyak hal. Media sosial juga sering digunakan untuk sebuah perkumpulan atau komunitas, pemasaran produk tertentu, berbagi pengalaman sehari-hari, bahkan bisa menghasilkan uang. Sehingga, bagi yang belum memiliki media sosial cenderung dianggap kudet (kurang update).

Ada banyak jenis aplikasi media sosial yang popular di masyarakat seperti Youtube, Whatsapp, Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Pada fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi media sosial kita dapat mengunggah seperti teks, foto, bahkan video sehingga banyak orang yang senang dan suka menggunakan aplikasi media sosial ini. Banyak pengguna yang menghabiskan waktu seharian hanya untuk mengakses media sosial.

Semakin maraknya perkembangan media sosial di Indonesia, segala kehidupan pribadi dipost di media sosial baik itu di youtube, whatsapp, facebook, maupun instagram. Sekarang yang lagi marak-maraknya adalah youtube, di mana kontennya berupa daily vlog yang artinya tentang aktivitas kehidupan seseorang sehari-hari mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Bukan hanya di youtube saja, tetapi di semua media sosial lain juga dipostnya.

Banyak bahaya yang timbul akibat memposting sebuah kehidupan pribadi di media sosial, mengapa bisa terjadi? Itu bisa terjadi karena dengan mengumbar kehidupan pribadi di media sosial berarti kita sudah kehilangan privasi untuk diri kita sendiri dan juga dapat memicu tidak kriminal bagi seseorang yang ingin melakukan kejahatan. Tindak kriminal yang terjadi bisa seperti penculikan, pembunuhan, dan terror terhadap diri sendiri maupun keluarga. Sehingga, bisa membahayakan orang-orang di sekitar kita dan bisa berdampak hingga kematian.

Alahkah lebih baiknya, kita memposting segala sesuatu yang berisi infomasi bermanfaat bagi orang lain dan tidak mengundang dampak buruk bagi diri sendiri maupun orang-orang di sekitar kita. Jika ingin memposting hal-hal yang bersifat pribadi seperti pengalaman atau review terhadap sesuatu, sebaiknya kita memilah dan mengoreksi terlebih dahulu foto atau video sebelum diposting agar tidak memicu tindak kejahatan.

 

Penulis : Sisi Milenia Putri (Teknik Komputer 2018)

Editor : Divisi Redaksi