Pengembangan Website Dinas Pariwisata Kota Bukittinggi Oleh Dosen Teknik Komputer

  • Whatsapp
Tampilan halaman depan website Dinas Pariwisata Bukittinggi.

Dr. Eng. Budi Rahmadya merupakan salah satu dosen Jurusan Teknik Komputer yang terlibat dalam pengembangan website Dinas Pariwisata Kota Bukittinggi. Pengembangan ini dilakukan sebagai salah satu kinerja dosen yang diwajibkan dalam Tridarma Perguruan Tinggi.

Pengembangan website Dinas Pariwisata Kota Bukittinggi melibatkan admin website dinas pariwisata yang terdiri dari empat orang. Menurut Beliau, karena keterbatasan pengetahuan dari admin dalam mengelola website, maka harus diadakan pelatihan. Dengan diadakannya pelatihan, dinas pariwisata dapat menyajikan informasi yang lebih rinci mengenai tempat wisata yang ada.

Beliau mengatakan pengembangan website Dinas Pariwisata Kota Bukittinggi dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama dilakukan pertengahan Mei 2021. Tahap pertama diawali dengan survei dan diskusi awal mengenai teknis kegiatan yang akan dilakukan pada pelatihan pengelolaan website Dinas Pariwisata Kota Bukittinggi.

Pengembangan website kemudian dilanjutkan pada 16 Juni 2021. Pada tahap kedua ini, pihak yang terlibat sudah memasuki materi, yaitu memahami manajemen website. Tahap ketiga dilaksanakan pada 24 Juni 2021. Tahap ketiga merupakan pelaksanaan pelatihan menggunakan software Canva, sebuah aplikasi design gambar, untuk pengenalan pariwisata Kota Bukittinggi melalui media sosial.

Dalam pengenalan pariwisata Kota Bukittinggi, teknik yang dilakukan untuk menginformasikan tempat wisata adalah promosi media cetak dan media elektronik, seperti website dan akun sosial media. Menurut Beliau, selain promosi, peningkatan wisatawan juga harus menjadi sebuah prioritas dengan memperhatikan protokol kesehatan. Bukan hanya wisatawan, masyarakat yang melakukan aktivitas jual beli juga harus memperhatikan protokol kesehatan, sehingga perekonomian tetap berjalan walaupun berlangsung lebih lambat dari biasanya.

Pos terkait