Pemilu FTI 2019 : Hasil Persaingan Sportif Kandidat Gubernur BEM Dan Ketua DPM

Pemilihan Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas (BEM KM FTI Unand) dan Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FTI Unand berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB, Rabu(23/10). Warga FTI Unand memilih calon Gubernur BEM dan Ketua DPM di tiga titik Tempat Pemungutan Suara (TPS), yaitu di depan Pusat Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (PKM FTI), pintu masuk Gedung H Unand dan di depan Laboratorium Dasar Komputasi Jurusan Sistem Informasi FTI Unand.

Penyampaian Suara oleh Panitia dan Disaksikan Warga FTI Unand. (Foto oleh Afni Nazara)

Usai Maghrib pada pukul 19.00 WIB hingga  pukul 21.00 WIB dilanjutkan dengan pembukaan kotak suara serta pembacaan hasil kandidat terpilih. Pemilu kali ini menghasilkan Muhammad Nur Faiz Putro sebagai Ketua DPM FTI Unand  dengan total 106 suara,  dan 2 suara tidak sah. Sedangkan calon Gubernur BEM KM FTI Unand dimenangkan oleh Muhammad Iqbal Nafis dengan total 104 suara.

Hasil Akhir Perhitungan Suara Gubernur.  (Foto oleh Wahyu Khan)
Hasil Akhir Perhitungan Suara Gubernur.  (Foto oleh Wahyu Khan)

Kandidat tidak terpilih menerima dengan lapang dada dan berharap Gubernur BEM dan Ketua DPM terpilih menjalankan amanahnya dengan baik. Hal ini menunjukkan persaingan dari para kandidat bersifat sportif, sehat, dan keterbukaan. Saat diwawancara, Ketua DPM terpilih menyatakan perasaannya selain merasa senang juga memiliki kesedihan tersendiri. ” Sebenarnya saya merasa sedih, karena nantinya saya tidak bisa mewakili suara para pemilih saya. Saat sidang saya jadi pihak yang netral.  Tanggung jawab lebih berat untuk kedepannya sebagai Ketua DPM” Ungkapnya.

Muhammad Harley Adinama, Ketua Panitia Pemilihan Umum (PPU) FTI Unand menyampaikan bahwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) kali ini berdasarkan status dari mahasiswa yang sudah dilantik di jurusan masing-masing yaitu berjumlah 496 mahasiswa (terhitung  mahasiswa aktif angkatan 2013 – 2018). Peningkatan Pemilu tahun ini terlihat dari jumlah warga yang terdaftar di DPT dan menggunakan hak suara hampir mencapai 200 warga, sedangkan tahun lalu berjumlah lebih kurang 120 warga. Pemilihan ini juga dilaksanakan serentak di sembilan fakultas lain, salah satunya Fakultas Peternakan yang sudah berhubungan baik dengan FTI.

Harley berharap Pemilu berikutnya menjadi lebih baik lagi dibandingkan pemilu tahun sekarang, dan harapannya kepada Gubernur BEM dan Ketua DPM terpilih agar amanah dan menjalankan tugas semestinya.

 

Penulis : Razzaq Ardana

Editor : Egita Lorenza