Pembaruan Website Imigrasi Padang oleh Mahasiswa PKL Teknik Komputer Unand

  • Whatsapp
Tampilan halaman depan website Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang.

Fajar Maulana, mahasiswa Jurusan Teknik Komputer Universitas Andalas angkatan 2018, melaksanakan PKL di kantor imigrasi kelas I TPI Padang (4 Januari 2021 – 2 Februari 2021). Pada saat itu, website kantor imigrasi Padang belum memiliki fitur yang lengkap. Fitur-fitur yang tersedia pada saat itu belum memuaskan, sehingga menyebabkan masyarakat belum mendapatkan informasi secara utuh. Oleh karena itu, pembaruan website imigrasi Padang menjadi suatu hal yang harus dilakukan.

Bersama dengan teman-teman dan seksi Teknologi Informasi dan pihak Imigrasi Padang bagian seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Fajar membuat website imigrasi Padang dan resmi diluncurkan pada 29 April 2021. Tidak ada biaya yang dikeluarkan pada pembuatan website ini. Fajar mengatakan, website sudah memiliki fitur profil, berita, dan gallery imigrasi Padang. Selain itu, adanya fitur live chat memudahkan user untuk berkomunikasi dengan pihak imgrasi Padang serta dapat melihat status pembuatan paspor.

Selama pembuatan website, Fajar mengakui dirinya dan rekan-rekannya mengalami beberapa kendala. Kendala ini disebabkan karena adanya perubahan yang diinginkan dari pihak imigrasi padang, sehingga mereka perlu merevisi ulang fitur yang ada, dan membuatnya sesuai waktu yang sudah ditentukan. “Meskipun website yang baru sudah dibuat semaksimal mungkin, masih ada beberapa kekurangan terhadap website seperti fitur yang ada masih belum kompleks dan terdapat kekurangan responsive dari website tersebut” ungkap Fajar saat diwawancarai melalui Zoom pada Kamis, (25/06). Fajar berharap kekurangan yang ada dapat diperbaiki di kemudian hari.

Dengan diperbarui website ini, diharapkan masyarakat dapat mengakses informasi imigrasi Padang dengan mudah, dan sekaligus dapat memudakan masyarakat untuk meilihat status pembuatan paspor tanpa perlu pergi langsung ke kantor imigrasi Padang. Website imigrasi Padang dapat diakses disini.

Reporter : Biner
Editor : Divisi Redaksi

Pos terkait