Organisasi Sosial, Seberapa Perlukah?

Yudi Mahendra, Mahasiswa Teknik Komputer Universitas Andalas Angkatan 2017

Organisasi sosial merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat. Organisasi sosial pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah orang-orang berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin, dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya, sarana-prasarana maupun data yang digunakan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuannya. Dalam sosiologi, cakupan makna organisasi memang sangat luas. Coba kamu pikirkan tentang tubuhmu sendiri, yang di dalamnya terdapat organ seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan sebagainya. Organ-organ tersebut menjalani fungsinya masing-masing namun, saling bergantung satu sama lain. Seperti itulah organisasi.

Mendefenisikan Kembali Organisasi Sosial

Organisasi sosial merupakan bentuk pengaturan tindakan yang menghimpun sekumpulan individu berbeda pikiran dan perasaan untuk berkerja sama mencapai tujuan yang disepakati bersama. Organisasi meliputi semua aspek masyarakat secara menyeluruh, baik ekonomi dan bahkan kehidupan pribadi kita. Anda mungkin dilahirkan di sebuah rumah sakit, dan mungkin akan dimakamkan oleh suatu yayasan sosial yang bergerak di bidang pemakaman. Keduanya merupakan organisasi.

Winardi (2003) menyatakan bahwa organisasi sosial yaitu organisasi-organisasi yang memenuhi kebutuhan sosial orang-orang untuk mencapai kontak dengan orang lain. Kebutuhan akan identifikasi bantuan timbal balik, misalnya klub-klub untuk mencapai tujuan tertentu.

Alasan Membentuk Organisasi Sosial

Sikap sosial manusia itu sendiri yang senantiasa menginginkan hubungan dengan orang lain. Oleh karena itu, organisasi dibentuk untuk memenuhi kebutuhan manusia. Mereka dapat berpijak atas landasan yang dibentuk oleh generasi sebelumnya. Tanpa adanya organisasi, maka setiap manusia pada setiap era harus menjalani segala sesuatu sedini mungkin.

Tujuan Organisasi Sosial

Organisasi sosial akan menyelesaikan segala pekerjaan yang ada dan akan memecahkan masalah. Organisasi sosial akan mempertahankan atau memperbesar output dan memperbaiki cara kerja seefektif mungkin, memberikan kepuasan moral, dan kepuasan berperan serta kepada para anggotanya. Selain itu, tujuan dari organisasi tersebut juga harus memiliki susunan yang sistematis dan menjadi motivasi dalam membangkitkan jiwa pemimpin.

Apa Manfaat Organisasi?

Setiap hal tentu memiliki manfaat yang akan diberikan. Manfaat tersebut pada dasarnya memiliki dampak yang bersifat positif sehingga tidak merugikan. Manfaat organisasi yang pertama, yaitu meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi. Komunikasi merupakan suatu hal yang harus dilakukan dengan cara yang sopan apalagi jika berbicara di depan umum. Maka dari itu, selain sopan juga perlu keberanian dalam menyampaikan aspirasi di depan umum. Dari hal tersebut secara tidak langsung bisa melatih seseorang dalam berkomunikasi. Dalam organisasi memang terbagi beberapa orang yang berasal dari berbagai kalangan yang berbeda, sehingga setiap anggota organisasi bisa memperluas pergaulan yang ada. Selain itu, bisa juga melatih kedisiplinan dalam mengatur waktu yang dimiliki karena memang kegiatan yang dimiliki bukan hanya organisasi saja tetapi memiliki aktivitas lain. Kedua, adalah setiap anggota organisasi memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Tanggung jawab yang dimaksud adalah bertanggung jawab terhadap apa yang menjadi amanah. Seperti bertanggung jawab terhadap amanah pada saat menjabat sebagai pemimpin atau ketua dari organisasi. Sehingga seorang pemimpin ini harus melaksanakan hal tersebut dengan baik.

Fungsi Organisasi Sosial

Sama halnya dengan manfaat organisasi, fungsi organisasi juga memiliki dampak yang bersifat positif bagi para pelakunya. Organisasi bisa mengajarkan seseorang mengenai apa yang baik dan yang buruk. Selain itu, dapat meningkatkan skill yang dimiliki oleh setiap anggota. Hal ini dapat diperoleh ketika masuk dalam sebuah organisasi. Kegiatan yang dilakukan dalam sebuah organisasi merupakan suatu pelajaran yang sangat berharga.
Organisasi sosial membentuk pola yang tidak random dalam masyarakat. Organisasi sosial selalu tersusun dari beberapa unit yang memang dibuat sesuai kebutuhan. Sekali lagi, masing-masing bekerja sesuai fungsinya.
Nah, dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa organisasi sosial sangat diperlukan dalam kehidupan kita. Yang paling utama dalam organisasi sosial adalah meningkatkan rasa peduli kepada sesama karena kita bagaikan satu anggota tubuh yang jika ada satu anggota tubuh yang terluka maka anggota tubuh lain pun ikut merasakannya.

 

Penulis : Yudi Mahendra (Teknik Komputer 2017)d

Editor : Egita Lorenza