Mubes VII HMSK : Rendi Saputra Lanjutkan Estafet Kepengurusan

Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer (HMSK) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Andalas (Unand) mengadakan Musyawarah Besar (Mubes) ke-VII untuk melaporkan pertanggungjawaban kinerja setahun kepengurusan yang telah dilaksanakan sekaligus memilih Ketua Himpunan (Kahim) Periode 2019/2020. Kegiatan mubes berlangsung selama 2 hari, yaitu pada tanggal 21-22 Desember 2019 di gedung kuliah A1.7.

Kegiatan mubes pada hari sabtu dimulai sejak pukul 08:00 WIB dengan pembahasan Tata Tertib (Tartib) Sidang yang dipimpin oleh Presidium  Sementara. Mubes yang terdiri dari Sidang Pleno I, Sidang Pleno II, dan Sidang Pleno III dipimpin oleh Presidium Tetap dan berlangsung hingga hari Minggu. Usai Sidang Pleno III dan penetapan Tim Formatur, pada pukul 16.00 WIB diadakan sesi pemilihan Kahim. Pada sesi pemilihan Kahim terdapat 5 kandidat yaitu Ferrizh F Hadi, Ridho Ashshiddiq, Alfikri Putra Julian, Rendi Saputra dan Fahmi Furqani Darwin.

Para kandidat Kahim HMSK (Foto oleh : Mutiah Risky)

Mekanisme pemilihan Kahim dilakukan dengan cara menjawab pertanyaan dari warga HMSK. Pertanyaan tersebut terdiri dari pertanyaan wajib dan berbagai pertanyaan lainnya yang akan dijawab langsung oleh masing-masing kandidat. Para kandidat juga diminta untuk menyampaikan kekurangan dan kelebihan masing-masing kandidat. Jawaban dari para kandidat dinilai langsung oleh warga HMSK. Pertanyaan wajib yang disampaikan meliputi poin-poin dibawah ini :

  1. Bagaimana pandangan para calon terhadap keadaan Hima saat ini?
  2. Pandangan ketua terhadap aspirasi warga HMSK?
  3. Apa yang akan dilakukan apabila ketua nantinya dihadapkan dalam kondisi tidak ada anggota yang akan memback-up?
  4. Apa yang membuat diri anda layak menjadi Kahim? Jika tidak terpilih apa yang akan dilakukan terhadap pesaing?

Setelah sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan diskusi terbuka. Diskusi terbuka merupakan penilaian terhadap para kandidat oleh Warga HMSK. Penilaian lebih dominan tertuju pada Rendi. Warga HMSK beranggapan bahwa Rendi memiliki kepribadian yang tenang dalam mengambil keputusan. Ghel F Sadeli selaku Kahim HMSK sebelumnya memberi penilaian terhadap sosok Rendi, “Rendi memiliki pengalaman, tenang, lugas dan berani mengajukan diri. Dia juga memiliki inovasi terbaru dalam sesi tanya jawab serta mengetahui Visi dan Misi HMSK” Ucap Ghel.

Usai diskusi terbuka, maka dilanjutkan dengan pemilihan Ketua Dewan Penasehat Pengurus (DPP) HMSK Periode 2019/2020. Sesi ini memperoleh 2 kandidat DPP, yaitu Ghel F. Sadeli dan Antony Richardo P. Mekanisme yang dilakukan sama halnya dengan pemilihan Kahim.

Diskusi berakhir pada pukul 23.59 WIB dan dengan berbagai pertimbangan akhirnya memperoleh hasil yaitu Rendi Saputra terpilih sebagai Ketua HMSK Periode 2019/2020 dan Antony Richardo sebagai Ketua DPP HMSK Periode 2019/2020 beserta anggota DPP HMSK Periode 2019/2020 yang terdiri dari :

  1. Ghel F. Sadeli
  2. Hana Diah Pertiwi
  3. Donny Mardiansyah
  4. Daffa Amaldo T.

    Serah jabatan Kahim HMSK oleh Ghel F Sadeli selaku Kahim HMSK Periode 2018/2019 kepada Kahim Terpilih Rendi Saputra (Foto oleh : Ridho Ashshiddiq)

Mubes VII HMSK FTI Unand ditutup oleh Presidium Tetap pada Senin, pukul 00.14 WIB.

Penulis : Afni Nazara

Editor : Divisi Redaksi