Mahasiswa FTI sebagai Salah Satu Tonggak Pergerakkan Pemilu 2019

Departemen Kajian Strategi (Kastrat) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas (BEM FTI Unand) telah melaksanakan Kajian FTI yang merupakan proker Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM). Kajian  yang dilaksanakan pada Senin, 15 April 2019 di koridor FTI bertemakan “Pemilu 2019”  dengan narasumber Riki Eka Putra, A.Md dari KPU Padang.

Tema ini diangkat mengingat sebentar lagi seluruh rakyat Indonesia akan berpartisipasi dalam pemilihan Pimpinan Negara untuk periode 5 tahun ke depan. Tujuan dari kajian ini adalah menciptakan mahasiswa FTI yang peka terhadap politik seperti yang dikatakan oleh Gubernur BEM FTI dalam kata sambutannya “Orang-orang memandang mahasiswa FTI apatis, tidak peduli, dan tidak peka terhadap politik. Oleh karena itu, dengan diadakannya Kajian FTI ini kita dapat menunjukkan kepada Unand bahwa pandangan tersebut salah”. Ungkapnya. 

Mahasiswa merupakan tonggak pergerakan. Salah satu bentuk pergerakan tersebut ialah ikut serta dalam pesta demokrasi, pemilihan eksekutif, dan legislatif. Oleh karena itu, peran mahasiswa sangat penting dalam pemilu. Tak hanya mahasiswa FTI saja yang hadir, Wakil Dekan III juga turut meramaikan Kajian FTI.

Riki Eka  Putra, A.Md menjelaskan isi dari Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 43 Ayat 3  yang berbunyi “Bumi, Air, dan Sumber Daya Alam yang dikandung dikuasai oleh Negara dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat”.

Penyampaian materi oleh Riki Eka Putra, A.Md (Foto : Nur Afni Sari Nazara)

Isi dari ayat tersebut terlihat jelas bahwa negara memiliki kekuasaan melakukan perbaharuan terhadap kekayaan alam. Kemajuan suatu Negara dan kemakmuran rakyat berdasar dari pemegang kekuasaan di Negara tersebut. Oleh karenanya, rakyat harus memperhatikan pemegang kekuasaan yang akan dipilih kelak dalam pembaharuan negara. Tidak hanya rakyat, mahasiswa juga harus aktif, berjiwa intelektual, dan kritis terhadap regulasi-regulasi. Hal ini menunjukkan peranan penting mahasiswa sebagai pembawa perubahan dan penerus bangsa.

Beliau berharap seluruh mahasiswa FTI menggunakan hak suaranya saat pemilu serentak pada tanggal 17 April 2019. Selain itu, beliau juga menaruh harapan agar mahasiswa FTI berperan dalam perkembangan mekanisme pemilihan umum yang lebih modern. 

Penulis : Nur Afni Sari Nazara Editor : Egita Lorenza K