Jembatani Aspirasi Mahasiswa, Senat Jurusan Sistem Komputer adakan Public Hearing

Kamis, (14/11) Senat Jurusan Sistem Komputer (Siskom) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas (FTI Unand) kembali mengadakan Public Hearing yang berlangsung di ruang Rapat FTI. Kegiatan tersebut merupakan forum audiensi antara Mahasiswa Siskom dengan senat jurusan Siskom. Senat jurusan siskom terdiri dari Ratna Aisuwarya, M.Eng selaku Ketua Jurusan Siskom dan beberapa dosen Siskom yakni Rahmi Eka Putri,MT, Nefy Puteri Novani,MT, Dr.Eng Rian Ferdian,MT dan Mohammad Hafiz Hersyah,MT. Selain itu, Ahmad Syafruddin Indrapiyatna,MT selaku Dekan FTI dan Wakil Dekan III FTI yaitu Ir. Werman Kasoep,M.Kom juga turut hadir dalam acara ini. Mahasiswa siskom yang menghadiri Public Hearing yakni perwakilan mahasiswa angkatan aktif dan Ketua Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer (HMSK).

(Senat Jurusan Siskom. Foto oleh : Afni)

Kegiatan ini bertujuan untuk menggali aneka permasalahan yang dialami oleh mahasiswa siskom terkait masalah akademik maupun non akademik. Dalam acara ini, mahasiswa dipersilahkan untuk menyampaikan aspirasi dengan harapan senat jurusan siskom dapat memberi solusi terhadap aspirasi-aspirasi mahasiswa. Public Hearing dimulai pada pukul 10.30 dan berakhir pukul 12.30 yang dipimpin oleh Ratna selaku Ketua Jurusan Siskom. Pada saat pembukaan Ratna menyampaikan bahwa dengan adanya Public Hearing mahasiswa dapat menyampaikan aspirasi dan kenda-kendala selama proses perkuliahan. Penyampaian aspirasi dari mahasiswa diawali oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer (HMSK) dan dilanjutkan berbagai aspirasi dari mahasiswa siskom lainnya.

(Public Hearing Senat Jurusan Siskom dengan                        Mahasiswa Siskom. Foto oleh : Afni)

Berikut poin-poin aspirasi dari mahasiswa siskom yang ditanggapi langsung oleh senat jurusan siskom :

1. Pergantian Nama Jurusan Sistem Komputer menjadi Teknik Komputer

Beberapa waktu lalu senat jurusan siskom mengajukan pergantian nama jurusan siskom menjadi Teknik Komputer. Namun, hingga saat ini belum ada kepastian dan perkembangan pergantian nama jurusan tersebut. Pihak jurusan menanggapi bahwa jurusan telah mengurus ke unand perihal ini dengan mengirimkan surat di awal tahun 2019 dan bulan agustus lalu, namun pihak unand masih belum memberi konfirmasi. Ratna selaku ketua jurusan berharap pergantian nama dapat terealisasikan dengan cepat sebelum wisuda III tahun 2020.

2. Penambahan Dosen Jurusan Siskom

Aspirasi ini muncul disebabkan dosen siskom mengampuh beberapa mata kuliah yang tidak sesuai dengan keahliannya. Hal ini juga menyebabkan jadwal pengganti kuliah menjadi bentrok. Dekan FTI menjelaskan bahwa tahun lalu, telah dibuka 6 lowongan bagi dosen baru siskom hanya saja tidak ada yang lolos. Senat jurusan siskom akan berusaha untuk penambahan dosen baru di jurusan siskom.

3. Tugas Akhir Mahasiswa Siskom tidak harus membuat alat

Pembuatan Tugas Akhir mahasiswa siskom tidak harus membuat alat, selagi terkait dengan profile lulusan siskom seperti konsep Embedded System dan jika sama sekali tidak menggunakan alat dapat beralih ke bidang jaringan komputer, bidang sinyal sistem, dan lainnya.

4. Sosialisasi PKL menjadi agenda rutin jurusan Siskom tiap tahun

Pada tahun-tahun sebelumnya, PKL memang telah menjadi agenda rutin. Namun, senat jurusan menyadari sosialisasi PKL pada tahun 2017 menurun dikarenakan beberapa hal. Untuk itu, tahun 2019 akan dimaksimalkan kembali sosialisasi PKL bagi siskom angkatan 2017.

5. Laboratorium di Jurusan Siskom menyelenggarakan workshop atau pelatihan softskill mahasiswa Siskom

Masing-masing labor di jurusan siskom akan mengadakan workshop atau pelatihan softskill untuk mengembangkan bakat dan minat mahasiswa yang nantinya akan menunjang mahasiswa siskom saat pembuatan Tugas Akhir atau Project. Adapun saran dari beberapa mahasiswa terhadap labor yaitu memaksimalkan fungsi labor selain sebagai tempat praktikum mahasiswa dan meningkatkan koordinasi antara labor, hima serta jurusan.

Di akhir acara, Ratna berharap dengan diadakannya Public Hearing menjadi media komunikasi dan semakin mempererat hubungan antara mahasiswa siskom dengan senat jurusan siskom.

Penulis : Nur Afni Sari Nazara

Editor  : Razzaq Ardana