HMSK Resmi Ganti Nama, HIMATEKOM Mulai Sejarah Baru

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Komputer Universitas Andalas (Unand) yang dulunya bernama HMSK (Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer) resmi berganti nama menjadi HIMATEKOM (Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer). Pergantian tersebut berdasarkan hasil musyawarah Istimewa (Muis) melalui aplikasi Zoom Meeting, Sabtu (29/8). Muis dimulai pada pukul 10.25 WIB dan berakhir hingga 17.48 WIB, yang dihadiri oleh warga himpunan baik  dari mahasiswa aktif maupun anggota luar biasa (alumni) dari berbagai angkatan.

Pergantian nama himpuan berdasarkan keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 630/M/2020 Tentang Perubahan Nama Program Studi Universitas Andalas pada Rabu (8/7) lalu.  Hal ini didukung dengan penuturan Rendi Saputra selaku Ketua Himpunan dalam kata sambutannya, “Alasan yang melatarbelakangi dilakukannya pergantian nama himpunan berdasarkan SK pada 8 Juli 2020 terkait pergantian nama jurusan Sistem Komputer menjadi Teknik Komputer. Oleh karena itu, himpunan menyarankan untuk pergantian nama himpunan” ungkapnya.

Lathifah Arief, MT selaku pembina himpunan juga menyampaikan perubahan nama himpunan merupakan suatu kebutuhan dan keharusan. “Perubahan nama himpunan merupakan kebutuhan karena pergantian nama prodi yang akhirnya berimbas pada himpunan. Perubahan nama bukan karena jurusan tetapi keharusan dari Dikti bahwa nama himpunan sesuai dengan nama prodi atau jurusan. Dengan berubahnya nama himpunan muncul semangat dan produktivitas baru sehingga memberikan prestasi-prestasi yang membanggakan” ungkap Lathifah.

Proses pergantian nama himpunan diawali dengan pemilihan dari 14 nama himpunan yang merupakan usulan masing-masing angkatan. Setelah melalui diskusi bersama, akhirnya diperoleh 4 nama himpunan. Pemilihan 4 nama himpunan tersebut dilakukan melalui polling oleh warga himpunan. Jumlah suara saat Polling berjumlah 112 pemilih. Dengan berbagai pertimbangan, diperoleh hasil akhir dari keputusan mutlak oleh 15 peserta penuh nama himpunan menjadi HIMATEKOM. Selain nama himpunan, logo himpunan juga mengalami perubahan. Perubahan logo hanya dilakukan pada penulisan nama yaitu SK-UA menjadi T-KOM. Pergantian nama dan perubahan logo himpunan juga diperoleh berdasarkan keputusan akhir yang ditetapkan oleh peserta penuh.

Tepat sehari setelah muis, pihak himpunan mengumumkan pergantian nama HIMATEKOM melalui Surat Pemberitahuan yang disebar kepada seluruh warga Teknik Komputer dan di publish melalui media sosial himpunan.

            Muis saat berlangsung (Foto : Ridho Ashshiddiq)
Pemilihan Nama Himpunan (Foto : Ridho Ashshiddiq)
Polling Nama Himpunan (Foto : Afni Nazara)
Hasil Polling (Foto : Afni Nazara)

Penulis : Afni Nazara

Editor : Razzaq Ardana