Soft Launching Nextbit, Start up Perdana Mahasiswa FTI

Jumat, 12 Oktober 2018 bertempat di Gedung Seminar F Unand merupakan Grand Launching pertama untuk start up yang dibangun oleh sekumpulan mahasiswa FTI bernama NextBit. NextBit merupakan start up mahasiswa FTI pertama yang dibangun sekitar Februari lalu oleh 3 orang mahasiswa Jurusan Sistem Informasi, yaitu Umar Syukri, Afdal Zikri dan Oxca Picasso.

Tren start up yang semakin menjamur tidak terlepas dari dorongan kemajuan teknologi juga. Salah satu founder Nextbit, Oxsa Picasso menuturkan,”Nextbit dibangun berdasarkan keadaan banyaknya projek IT yang dibangun saat ini. Dengan berlatarbelakang mahasiswa IT, why not kalau semua mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk membangun sebuah projek IT, mengingat mahasiswa FTI yang mengikuti projek IT hanya sedikit. Kesempatan itu sangat besar, hanya saja tidak ada yang mewadahinya. Untuk itu Nextbit hadir untuk melahirkan lulusan-lulusan FTI yang sudah memiliki skill, dan tidak menjadi fresh graduate lagi.”

Oxsa menambahkan, Nextbit hadir sebagai solusi dari mahasiswa tekhususnya FTI yang memiliki minat untuk menambah wawasan mengenai programming, manajemen proyek, dan lainnya. Start up Nextbit sendiri terdiri dari 3 elemen yaitu training, project, dan research. Training merupakan kegiatan membuka kelas dengan melatih peserta untuk mengerjakan sebuah proyek IT, sampai mereka memang siap untuk mengerjakannya. Ada juga project, yang mana mengerjakan project IT dari permintaan pihak eksternal, dan selanjutnya research. Karena memang sebagai mahasiswa dan pribadi yang berpendidikan perlu melakukan salah satunya mengabdi kepada masyarakat.

Dartika Anie Marian, Co Founder Nextbit menuturkan bahwa acara Launching diselingi dengan talkshow inspiratif dengan mengundang dua orang pemateri yang berasal dari Garuda Cyber yang merupakan salah satu Start up Indonesia yang telah mengerjakan banyak proyek. Bantuan, M.T., ditemani oleh rekannya Susanto mengisi talkshow dengan memberikan pengetahuan terkait  beradaptasi dengan IT sendiri, serta peluang mahasiswa dalam Project IT tersebut. Tidak hanya itu, launching ini juga diisi oleh salah satu mahasiswa FTI, Vedo Alfarizi yang sudah banyak mengikuti project start up. Vedo juga membagikan tips dan trik seputar membangun project tersebut dikalangan mahasiswa.

“Harapan dengan diadakannya Launching ini agar membangun keinginan mahasiswa terkhususnya FTI untuk mampu bergelut dalam dunia Project IT yang memberi banyak keuntungan baik di segi skill maupun finansial. Selain itu, mempersiapkan lulusan FTI untuk tidak lagi menjadi fresh graduate, melainkan tamatan yang sudah memiliki CV yang bagus,” tutur Oxsa.

Foto Bersama Peserta Talkshow dan Grand Launching Nextbit

Penulis : Anggun Mardiasni, Editor : Glh