Dua Kandidat Ketua DPM FTI akan Berkompetisi di Pemira Unand

(Luthfi Ardi calon nomor urut 1 dan Muhammad Nur Faiz Putro calon nomor urut 2 . Foto oleh : Dokumentasi Pribadi Calon Ketua DPM)

Dua kandidat akan berkompetisi dalam Pemilihan Umum Raya Universitas Andalas (Pemira Unand) yang khususnya pemilihan Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (DPM KM FTI) Unand pada 23 Oktober 2019 mendatang.

(Dari kiri, Ardian Syahputra sebagai perwakilan Luthfi Ardi dan Muhammad Nur Faiz Putro. Foto oleh : Tim Dokumentasi Panitia PPU FTI Unand pada 13 Oktober 2019)

Para calon mencabut nomor urut pada Minggu, 13 Oktober 2019. Luthfi Ardi (diwakilkan oleh Ardian Syahputra) mendapatkan nomor urut 1 dan Muhammad Nur Faiz Putro mendapatkan nomor urut 2.  Kedua kandidat memiliki background dan visi misi yang berbeda. Berikut rangkuman profile masing-masing kandidat :

Profile Calon Ketua DPM KM FTI Unand No. Urut 1 :

LUTHFI ARDI

Biasa disapa dengan nama akrab Lutfi, kelahiran 22 Juni 1999 merupakan mahasiswa Sistem Komputer angkatan 2017. Luthfi saat ini menjadi Koordinator Dana dan Usaha FSI Al-Fatih FTI, Staff Biro DPM FTI, dan Staff Entrepreneurship Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer.

Alasan menjadi kandidat Ketua DPM KM FTI Unand :

Luthfi menyatakan bahwa alasan mencalonkan diri sebagai Ketua DPM periode selanjutnya karena memperoleh dukungan dari orang-orang terdekat. Kesempatan ini juga dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk menjadi seorang pemimpin dan tentunya untuk memperbaiki kinerja DPM supaya  lebih baik lagi.

VISI

Terwujudnya DPM KM FTI Unand sebagai lembaga yang memiliki Solidaritas, Peduli, Profesional dan Demokratis

MISI

  1. Mengoptimalkan kinerja pengurus DPM KM FTI Unand dengen mengedepankan kekompakan, rasa tanggungjawab dan peduli terhadap sesama
  2. Melaksanakan fungsi pengawasan dan kordinasi terhadap kinerja BEM KM FTI Unand
  3. Menciptakan dan menyebarluaskan serta menegakkan produk hukum yang dibutuhkan warga FTI ke depannya
  4. Menciptakan kekeluargaan antara Pengurus DPM KM FTI dan warga FTI

Profile Calon Ketua DPM FTI Unand No. Urut 2 :

M. NUR FAIZ PUTRO

Biasa dipanggil dengan nama akrabnya Faiz, kelahiran 23 Juni 1999. Faiz merupakan mahasiswa Sistem Informasi angkatan 2017. Faiz bergabung dengan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Unand dan Wakil Ketua DPM KM FTI Unand.

Alasan menjadi kandidat Ketua DPM FTI Unand :

Ingin melaksanakan demokrasi yang sesungguhnya karena sebelumnya pemilihan Ketua Umum DPM tidak berdasarkan suara mahasiswa melalui pemilu. Faiz menyatakan dalam sejarahnya di FTI pemilihan Ketua  DPM KM FTI tidak melalui suara mahasiswa. Salah satunya ditahun 2018 Ketua DPM hanya ditunjuk saat Sidang Umum.

VISI

Mewujudkan DPM KM FTI Unand sebagai lembaga yang mampu menjalankan fungsi-fungsinya

MISI

  1. Memperbaiki internal antar dewan dan menanamkan posisi dewan sebagai penampung aspirasi mahasiswa
  2. Mengarahkan dewan untuk lebih merangkul sesamanya
  3. Menampung aspirasi mahasiswa serta memperbaiki kordinasi antara lembaga di FTI
  4. Secara kelembagaan mampu bekerjasama dengan BEM KM FTI untuk publikasi terhadap kinerja-kinerja DPM.

Kedua calon ini akan melaksanakan kampanye pada Jumat, 18 Oktober 2019.

Penulis : Nur Afni Sari Nazara

Editor : Razzaq Ardana