Focus Group Discussion Dosen dan Asisten Labor FTI bersama CO-Founder Hacktiv8

Jurusan Sistem Informasi (SI) Fakultas Teknologi Informasi (FTI)  Universitas Andalas (Unand) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Riza Fahmi selaku CO-Founder Hacktiv8 pada Rabu, (20/11) di Ruang Rapat FTI pukul 14.00 WIB. FGD dihadiri oleh beberapa Dosen SI, Dosen jurusan Sistem Komputer (SK), dan beberapa perwakilan Asisten Labor kedua jurusan. Fokus utama dari FGD yaitu pembahasan Penyelerasan Materi Pembelajaran/Praktikum untuk Dosen FTI dan Asisten Labor FTI.

(Suasana FGD. Foto oleh Jurnalis Muda Biner : Fippo)

Acara dibuka oleh salah satu dosen SI yaitu Jefril Rahmadoni,M.Kom. Diskusi dimulai dengan pertanyaan pertama dari Rahmi Eka Putri,MT selaku Ketua Prodi (Kaprodi) jurusan SK. Rahmi menanyakan perihal pembelajaran pemrograman bagi mahasiswa agar tidak merasa terbebani dan kegiatan coding menjadi menyenangkan. Riza menjelaskan sesuai pengalaman yang dialami, belajar fundamental program bagi mahasiswa tidak dianjurkan diawal semester dikarenakan mahasiswa akan merasa susah dan terbebani. Alangkah lebih baiknya, pada awal semester mahasiswa diajarkan pembelajaran design dan lainnya sehingga mahasiswa memperoleh kesenangan barulah disuguhi dengan pemrograman.

Mahasiswa perwakilan labor masing-masing jurusan melontarkan beberapa pertanyaan dan ditanggapi langsung oleh Riza. Tidak hanya diskusi persoalan materi pembelajaran/praktikum bagi dosen dan asisten labor, Riza juga menceritakan perihal Hacktiv8. Hacktiv8 merupakan sekolah pemrograman yang berfokus pada bidang IT terdiri dari Full Time Program, Part Time Program, dan Online Program. Kurikulum dari Hacktiv8 dirancang untuk membangun keahlian yang langsung dapat diaplikasikan pada perkembangan dunia kerja sehingga lulusan dari Hacktiv8 akan langsung memperoleh pekerjaan. Proses pembelajaran terdiri dari 12 minggu yaitu untuk fase pertama hingga fase ketiga dan 6 minggu untuk fase persiapan. Kegiatan belajar mengajar dilakukan setiap hari kerja, yakni senin-jum’at dari pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB.

(Pemateri dari Riza Fahmi, selaku CO-Founder            Hacktiv8. Foto oleh Jurnalis Muda Biner : Fippo)
(Dosen FTI bersama Riza Fahmi. Foto oleh Jurnalis    Muda Biner : Fippo)
(Asisten Labor FTI. Foto oleh Jurnalis Muda Biner :    Fippo)
(Asisten Labor FTI. Foto oleh Jurnalis Muda Biner :   Fippo)

FGD berakhir pada pukul 15.15, ditutup dengan foto bersama.

 

(Foto bersama usai FGD. Foto oleh Jurnalis Muda Biner : Fippo)

 

Penulis : Nur Afni Sari Nazara

Editor : Divisi Redaksi