Dampak Kemacetan Lalu Lintas Meresahkan Masyarakat

  • Whatsapp
Sumber : kompasiana.com

Tentu kita tidak asing dengan kata “macet”, baik itu dialami secara langsung maupun didengar melalui media elektronik. Kemacetan merupakan salah satu masalah yang terjadi di perkotaan. Masalah yang terjadi di perkotaan tentu saja bukan hanya itu, namun karena kemacetan terjadi setiap harinya di kota-kota besar tentu saja hal itu dapat meresahkan masyarakat.

Kemacetan lalu lintas merupakan masalah yang tidak mudah dipecahkan oleh para pengambil kebijakan perkotaan. Kemacetan lalu lintas biasanya identik dengan keramaian. Oleh karena itu, kemacetan lalu lintas biasanya terjadi di perkotaan yang terdapat banyak penduduk. Kemacetan lalu lintas tidak hanya terjadi pada saat hari besar atau hari libur saja, namun di kota-kota besar kemacetan sudah seperti makanan sehari-hari. Dapat kita lihat pada berita-berita di televisi, biasanya di kota-kota besar pada jam sekolah atau jam kerja, jalan akan dipenuhi dengan kendaraan yang ingin cepat sampai ke tujuan masing-masing.

Kemacetan memiliki berbagai dampak yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Salah satu dampak dari kemacetan adalah dapat memperlambat kinerja dari masyarakat yang terjebak macet. Para pekerja akan terlambat tiba di tempat kerja dan para pelajar akan terlambat tiba di sekolah. Hal ini terutama terjadi kepada masyarakat yang memilih menggunakan transportasi pribadi dari pada transportasi umum.

Dampak lain dari kemacetan lalu lintas adalah dapat menimbulkan polusi udara. Pada saat terjadi kemacetan lalu lintas, jumlah intensitas kendaraan di jalan akan meningkat sehingga menimbulkan polusi udara yang dapat mengganggu pernapasan dan bisa berakibat fatal bagi kesehatan. “Polusi membunuh lebih banyak orang dari pada perang dan kelaparan, dari pada malaria atau AIDS atau tuberkulosis. Semua ini jauh dibandingkan dengan polusi,” Ujar Andrew Maccarator dilansir dari laman Kompas.

Dari penjabaran dampak kemacetan di atas, dapat diketahui bahwa kemacetan lalu lintas memberikan dampak negatif yang meresahkan bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu tidak hanya berpengaruh terhadap aktivitas, tetapi juga untuk kesehatan masyarakat. Kemacetan lalu lintas tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun juga menjadi tanggung jawab bersama.

Penulis : Ririn Salsa Andraini (Teknik Komputer 2019)
Editor : Divisi Redaksi

Pos terkait