BAKTI Daring, Panitia Rancang Konsep Podcast

biner – Akibat pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung di Indonesia, pemerintah menghimbau seluruh kegiatan pendidikan tingkat sekolah maupun perguruan tinggi dilaksanakan secara daring hingga akhir tahun. Hal ini ikut mempengaruhi kegiatan penyambutan mahasiswa baru (maba) dan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah (BAKTI) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Andalas (Unand) tahun 2020. Kegiatan BAKTI FTI akhirnya harus dilaksanakan secara daring pada 19 dan 20 September mendatang.

“Metode BAKTI tahun ini kita mengggunakan sistem daring, dimana dalam pelaksanaan BAKTI nanti pada tanggal 19 dan 20 September 2020 kita menggunakan platform Ms. Teams. Pelaksanaan ini disebabkan adanya pandemi yang melanda negara kita, sehingga BAKTI kali ini akan berbeda dengan BAKTI sebelumnya” Ungkap Rifki Abdullah Fattah selaku Ketua Panitia BAKTI FTI Unand saat diwawancara melalui aplikasi Whatsapp, pada Rabu (2/9).

Untuk teknis pelasanaan, panitia BAKTI FTI telah berusaha merancang konsep dan sistem yang menarik agar kegiatan bakti FTI berkesan dan menyenangkan bagi maba FTI angkatan 2020. Salah satu konsep unik yang dirancang oleh panitia yaitu konsep “Podcast”. Pengenalan akademik dan organisasi-organisasi mahasiswa dipaparkan dalam bentuk podcast yang akan di share melalui youtube dan spotify. Selain itu, panitia juga merancang satu rundown khusus bertemakan TechHero. TechHero merupakan podcast tentang materi singkat dan pengenalan biografi dari tokoh-tokoh penting dalam dunia teknologi.

“Untuk perancangan acara tahun ini panitia membuat suatu rundown yang cukup unik yaitu dengan sistem podcast, dimana maba-maba diminta untuk mendengarkan podcast bertemakan TechHero dan pengenalan UKM yang akan di share melalui youtube dan spotify” Ungkap Rifki membocorkan sedikit konsep acara BAKTI FTI.

Rifki menjelaskan selama proses perancangan BAKTI FTI mengalami beberapa kendala dikarenakan dimasa pandemi saat ini cukup sulit untuk saling bertukar pendapat antar panitia sehingga pertemuan hanya bisa dilakukan secara online. Meskipun demikian, panitia BAKTI akan terus berusaha untuk menyukseskan kegiatan BAKTI FTI ini. “Meskipun BAKTI FTI kali ini dilaksanakan dengan sistem daring, panitia bakti berharap hal ini tidak menghilangkan ciri khas BAKTI FTI itu sendiri. Kami juga berharap para maba mengikuti BAKTI tanpa adanya beban, kurang puas, dan bisa berpartisipasi. Semoga pandemi covid-19 yang melanda kita saat ini cepat selesai agar kita dapat melakukan aktivitas seperti biasanya”. Harap Rifki.

Penulis : Afni Nazara
Editor : Razzaq Ardana